Gestational diabetes

Gestational diabetes adalah diabetes yang hanya terjadi pada wanita hamil. Itu berarti Anda tidak bisa mendapatkan diabetes gestasional kecuali Anda hamil. Anda dapat mengembangkan diabetes gestasional untuk pertama kalinya selama kehamilan atau Anda mungkin memiliki kasus diabetes ringan yang tidak terdiagnosis yang semakin memburuk ketika Anda hamil.

Selama kehamilan, cara tubuh Anda menggunakan insulin berubah. Hormon insulin memecah makanan yang Anda makan menjadi glukosa atau gula. Anda kemudian menggunakan glukosa itu untuk energi.

Anda akan secara alami menjadi lebih tahan terhadap insulin saat Anda hamil untuk membantu memberikan bayi Anda lebih banyak glukosa. Pada beberapa wanita, prosesnya salah dan tubuh Anda berhenti merespons insulin atau tidak membuat cukup insulin untuk memberi Anda glukosa yang Anda butuhkan. Ketika itu terjadi, Anda akan memiliki terlalu banyak gula dalam darah Anda. Itu menyebabkan diabetes gestasional.

Jika Anda baru saja didiagnosis menderita diabetes gestasional atau ingin tahu tentang apa yang akan terjadi jika Anda didiagnosis dengan itu, teruslah membaca. Anda akan belajar lebih banyak tentang menjaga kehamilan yang sehat.
Makanan apa yang harus kamu makan?
Makan sehat dasar

    Makan protein setiap kali makan.
    Sertakan buah dan sayuran harian dalam diet Anda.
    Kurang dari separuh kalori Anda seharusnya berasal dari karbohidrat.
    Tiga puluh lima persen atau kurang dari diet Anda harus terdiri dari lemak.
    Batasi atau hindari makanan olahan.
    Perhatikan ukuran porsi untuk menghindari makan berlebih.

Jika Anda memiliki diabetes gestasional, mempertahankan diet yang sehat dan seimbang dapat membantu Anda mengelola gejala tanpa memerlukan pengobatan. Secara umum, diet Anda harus menyertakan protein plus campuran karbohidrat dan lemak yang tepat. Terlalu banyak karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah Anda.

Setelah Anda didiagnosis, tanyakan dokter Anda tentang bekerja dengan ahli gizi atau ahli gizi yang terdaftar. Mereka dapat membantu Anda merencanakan makanan Anda dan datang dengan rencana makan yang akan membuat Anda dan bayi Anda sehat.
Nutrisi

Bidik makanan Anda di sekitar protein. Sertakan banyak makanan segar dan batasi asupan karbohidrat dan makanan olahan Anda.

Jika Anda menderita diabetes gestasional, hanya 40 hingga 50 persen kalori harian Anda yang berasal dari karbohidrat. Cobalah untuk mendapatkan 20 hingga 25 persen kalori Anda dari protein. Tidak lebih dari 25 hingga 35 persen kalori Anda seharusnya berasal dari lemak.

American Diabetes Association (ADA) memiliki panduan bermanfaat yang disebut MyPlate untuk membantu Anda mempelajari cara membuat piring sehat untuk setiap makan. Misalnya, setiap makanan harus mengandung 25 persen protein, 25 persen tepung kanji, dan 50 persen makanan non-tepung, seperti sayuran atau salad.

Ini adalah panduan diet umum untuk diabetes gestasional. Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes gestasional, pastikan untuk berbicara dengan dokter atau ahli gizi Anda. Mereka dapat memberi Anda rencana makan pribadi dan rekomendasi khusus lainnya.
Makanan ringan dan makanan

Berikut beberapa pilihan makanan ringan dan makanan sehat jika Anda menderita diabetes gestasional:

    sayuran segar atau beku, terutama yang dikukus
    telur atau putih telur
    oatmeal potong baja atasnya dengan buah beri
    buah segar
    dada ayam tanpa kulit
    ikan panggang
    popcorn yang muncul di udara
    yogurt Yunani tanpa pemanis

Coba juga resep ini untuk smoothie ramah diabetes, minuman protein, sup sayuran, dan banyak lagi.
Bagaimana dengan buah?

Anda masih bisa makan buah jika Anda menderita diabetes. Anda hanya perlu melacak berapa banyak yang Anda makan.

Dokter atau ahli diet Anda dapat mengajari Anda cara menghitung karbohidrat untuk memastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi gula. Buka di sini untuk menemukan tujuh jenis buah yang harus Anda makan selama kehamilan.
Makanan apa yang harus Anda hindari?

Anda akan ingin menghindari makanan olahan, seperti roti putih, dan, secara umum, apa pun yang memiliki banyak gula. Misalnya, Anda ingin memastikan untuk menghindari hal-hal berikut:

    makanan cepat saji
    minuman beralkohol
    makanan yang dipanggang, seperti muffin, donat, atau kue
    Gorengan
    minuman manis, seperti soda, jus, dan minuman manis
    Permen
    makanan yang sangat bertepung, seperti kentang putih dan nasi putih

Jika Anda tidak yakin, tanyakan dokter Anda tentang makanan yang biasanya Anda makan. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang harus dihindari.
Apa komplikasinya?

Gestational diabetes dapat berisiko bagi Anda dan bayi Anda. Ekstra glukosa dalam tubuh Anda dapat membuat berat badan bayi bertambah. Bayi yang lebih besar membuat Anda berisiko melahirkan lebih sulit karena:

    pundak bayi bisa macet
    kamu bisa mengeluarkan lebih banyak darah
    bayi mungkin mengalami kesulitan menjaga gula darah mereka stabil dan bernapas setelah lahir

Gestational diabetes juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Dalam kebanyakan kasus, diabetes gestasional menghilang setelah bayi Anda lahir. Tetapi jika Anda menderita diabetes sebelum kehamilan, Anda masih akan memilikinya setelah melahirkan.

Memiliki diabetes gestasional membuat Anda semakin berisiko terkena diabetes di kemudian hari juga. Baik Anda dan bayi Anda akan diperiksa untuk diabetes setelah lahir.
Bagaimana diabetes gestasional diobati?

Perawatan untuk diabetes gestasional tergantung pada kadar glukosa darah Anda.

Dalam banyak kasus, diabetes gestasional dapat diobati dengan diet dan olahraga. Dalam beberapa kasus, Anda harus minum obat oral seperti metformin (Glucophage, Glumetza) atau insulin suntik untuk menurunkan gula darah Anda.
Langkah lain untuk kehamilan yang sehat

Selain mempertahankan diet yang seimbang, ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memiliki kehamilan yang sehat:

    Berolahraga secara teratur. Usahakan setidaknya 30 menit latihan tiga hari seminggu. Jangan takut untuk memasukkan berbagai aktivitas saat Anda hamil. Ingatlah untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai latihan baru. Olahraga teratur juga akan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.
    Makan setiap dua jam. Untuk mengatur kadar gula darah Anda, jangan pernah melewatkan makan dan bertujuan untuk makan camilan sehat atau makan setiap dua jam. Melewatkan makan dapat menyebabkan kadar gula darah Anda berfluktuasi dan membuatnya lebih sulit untuk mengendalikannya kembali.
    Minumlah vitamin prenatal Anda.
    Temui dokter Anda sesering yang mereka rekomendasikan.

Beli vitamin prenatal.

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes gestasional selama kehamilan, ketahuilah bahwa dengan diet dan olahraga yang tepat, Anda dapat memiliki kehamilan, persalinan, dan persalinan yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar