17 Cara Alami Menyingkirkan Rasa Mual

Mual adalah sesuatu yang dikenal oleh kebanyakan orang. Itu tidak pernah menyenangkan dan dapat muncul dalam berbagai situasi, termasuk kehamilan dan perjalanan.

Obat anti mual biasanya digunakan untuk membantu meredakannya. Sayangnya, obat-obatan tersebut dapat memiliki efek samping negatif, termasuk mengantuk.

Berikut adalah 17 pengobatan rumah yang membantu Anda menyingkirkan mual tanpa menggunakan obat-obatan.
1. Makan Jahe

Jahe adalah obat alami populer yang biasa digunakan untuk mengobati mual.

Cara kerjanya belum sepenuhnya dipahami. Namun, para ahli percaya bahwa senyawa dalam jahe dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan obat anti-mual (1, 2). Bahkan, beberapa penelitian setuju bahwa jahe efektif mengurangi mual dalam berbagai situasi.

Misalnya, mengkonsumsi jahe mungkin merupakan cara efektif untuk mengurangi mual selama kehamilan (3, 4, 5, 6).

Jahe juga bisa efektif untuk mengurangi rasa mual yang umumnya dialami orang setelah perawatan kemoterapi atau operasi (2, 7, 8, 9).

Beberapa penelitian bahkan melaporkan jahe sama efektifnya dengan beberapa obat resep, dengan lebih sedikit efek samping negatif (10, 11).

Tidak ada konsensus mengenai dosis yang paling efektif, tetapi sebagian besar studi di atas memberikan peserta dengan 0,5 hingga 1,5 gram jahe kering per hari.

Penggunaan jahe aman bagi kebanyakan orang. Namun, Anda mungkin perlu membatasi asupan jahe jika Anda rentan terhadap tekanan darah rendah atau gula darah rendah, atau jika Anda mengambil pengencer darah (1).

Beberapa ahli juga mempertanyakan keamanan makan jahe kering selama kehamilan (1).

Meskipun hanya ada sejumlah kecil studi tentang jahe, yang dilakukan pada wanita hamil yang sehat melaporkan risiko efek samping yang rendah. Jadi, sebagian besar ahli menganggap jahe sebagai obat yang aman dan efektif selama kehamilan (3, 12, 13, 14).

    Ringkasan:
    Dosis jahe harian dapat menjadi alternatif efektif untuk obat anti-mual dalam berbagai situasi, termasuk selama kehamilan dan setelah kemoterapi atau operasi.

2. Aromaterapi Peppermint

Aromaterapi peppermint adalah alternatif lain yang mungkin membantu mengurangi rasa mual.

Satu penelitian menilai efeknya pada wanita yang baru saja melahirkan oleh C-section.

Mereka yang terkena bau peppermint menilai tingkat mual mereka secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang diberi obat anti-mual atau plasebo (15).

Dalam penelitian lain, aromaterapi peppermint efektif mengurangi mual pada 57% kasus (16).

Dalam penelitian ketiga, menggunakan inhaler yang mengandung minyak peppermint pada awal mual mengurangi gejala - dalam dua menit pengobatan - dalam 44% kasus (17).

Beberapa orang mengusulkan bahwa menghirup secangkir teh peppermint mungkin memiliki efek anti-mual yang serupa. Namun sementara Anda memiliki sedikit kehilangan dengan memberikan teh peppermint, saat ini tidak ada penelitian yang mengkonfirmasi keefektifannya.

Minyak peppermint yang diambil dalam bentuk pil telah menunjukkan hasil yang beragam. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat, sementara yang lain tidak menemukan efek (18, 19).

Terlebih lagi, sedikit informasi yang ada tentang keamanan menelan minyak peppermint.

Untuk alasan ini, lebih banyak studi tentang pil peppermint diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat. Namun, minyak peppermint yang berbau harum harus sangat aman dan tampaknya bekerja pada sekitar setengah orang.

    Ringkasan:
    Minyak peppermint yang harum pada awal mual dapat membantu mengurangi gejala Anda.

3. Coba Akupunktur atau Akupresur

Akupunktur dan akupresur adalah dua teknik yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati mual dan muntah.

Selama akupunktur, jarum tipis dimasukkan ke titik-titik tertentu pada tubuh. Akupresur bertujuan untuk merangsang titik-titik yang sama pada tubuh, tetapi menggunakan tekanan daripada jarum untuk melakukannya.

Kedua teknik merangsang serabut saraf, yang mengirimkan sinyal ke otak dan sumsum tulang belakang. Sinyal-sinyal ini dianggap memiliki kemampuan untuk menurunkan mual (20, 21).

Misalnya, dua ulasan terakhir melaporkan bahwa akupunktur dan akupresur mengurangi risiko mengembangkan mual setelah operasi sebesar 28-75% (22, 23).

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa kedua bentuk sama efektifnya dengan obat anti-mual dalam mengurangi gejala, dengan hampir tidak ada efek samping negatif (23).

Demikian pula, dua ulasan lain melaporkan bahwa akupresur menurunkan keparahan mual dan risiko berkembang setelah kemoterapi (24, 25).

Ada juga beberapa bukti bahwa akupunktur dapat mengurangi mual selama kehamilan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan pada ini (26).

Sebagian besar penelitian yang melaporkan manfaat merangsang titik akupunktur Neiguan, juga dikenal sebagai P6 (27).

Anda dapat menstimulasi saraf ini sendiri hanya dengan menempatkan jempol Anda selebar 2–3 jari ke bawah dari pergelangan tangan Anda, di antara dua tendon menonjol.

Ini adalah gambar yang menunjukkan bagaimana Anda dapat menemukan titik ini sendiri.

Setelah Anda menemukannya, tekan dengan ibu jari Anda selama sekitar satu menit sebelum mengulangi prosedur yang sama di lengan Anda yang lain. Ulangi jika perlu.

    Ringkasan:
    Akupunktur dan akupresur adalah dua teknik yang terbukti secara ilmiah untuk mengurangi rasa mual.

4. Iris Lemon

Bau yang menyengat, seperti yang berasal dari lemon yang baru diiris, dapat membantu mengurangi rasa mual pada wanita hamil.

Dalam sebuah penelitian, sekelompok 100 wanita hamil diinstruksikan untuk menghirup minyak esensial lemon atau almond segera setelah mereka merasakan mual.

Pada akhir studi 4 hari, mereka yang berada di kelompok lemon menilai mual mereka hingga 9% lebih rendah daripada mereka yang diberi plasebo minyak almond (28).

Mengiris lemon atau menggores kulitnya dapat bekerja dengan cara yang sama karena membantu mengeluarkan minyak esensial ke udara. Sebuah botol minyak esensial lemon dapat menjadi alternatif praktis untuk digunakan saat Anda jauh dari rumah.

    Ringkasan:
    Bau yang menyengat, baik dari lemon yang baru dipotong atau dari minyak esensial yang dibeli di toko, dapat membantu mengurangi mual terkait kehamilan.

5. Kontrol Pernapasan Anda

Mengambil nafas dalam-dalam yang lambat juga dapat membantu mengurangi rasa mual.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti berusaha untuk menentukan aroma aromaterapi yang paling efektif untuk mengurangi mual setelah operasi.

Mereka menginstruksikan peserta untuk bernapas perlahan melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut tiga kali, sambil memaparkan berbagai aroma (29).

Semua peserta, termasuk mereka dalam kelompok plasebo, melaporkan penurunan mual. Ini membuat para peneliti menduga bahwa pernapasan terkontrol mungkin telah memberikan bantuan (29).

Dalam studi kedua, para peneliti menegaskan bahwa aromaterapi dan pernapasan terkontrol secara independen membebaskan rasa mual. Dalam penelitian ini, pernafasan terkontrol mengurangi dalam 62% kasus (16).

Pola pernapasan yang digunakan dalam penelitian terakhir ini mengharuskan peserta untuk menghirup melalui hidung mereka hingga hitungan ketiga, menahan nafas hingga hitungan ketiga, lalu menghembuskannya ke hitungan tiga (16).

    Ringkasan:
    Teknik pernapasan terkontrol khusus adalah pengobatan rumah yang bebas dan efektif untuk mual.

6. Gunakan Rempah-Rempah Tertentu

Beberapa bumbu adalah obat rumah populer yang sering direkomendasikan untuk mengatasi mual.

Sebagian besar rempah-rempah ini didukung semata-mata oleh bukti anekdotal. Namun, kekuatan mual dari tiga rempah-rempah ini didukung oleh beberapa bukti ilmiah:

    Adas bubuk: Dapat mengurangi gejala menstruasi, termasuk mual, dan membantu wanita mengalami periode lebih pendek (30).
    Kayu manis: Dapat mengurangi keparahan mual yang dialami wanita selama menstruasi (31).
    Ekstrak jinten: Dapat membantu memperbaiki gejala seperti sakit perut, mual, sembelit dan diare pada individu yang menderita IBS (32).

Meskipun ketiga rempah ini dapat membantu meredakan mual pada individu tertentu, sangat sedikit penelitian yang ada dan lebih banyak dibutuhkan sebelum kesimpulan yang kuat dapat ditarik.

Ini juga perlu dicatat bahwa studi di atas menggunakan dosis mulai 180-420 mg per hari. Dosis mega ini sulit dicapai melalui penggunaan rempah-rempah secara normal setiap hari.

    Ringkasan:
    Bumbu-bumbu tertentu dapat berhasil mengurangi frekuensi atau keparahan mual. Namun, dosis besar mungkin diperlukan dan lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

7. Coba Santai Otot Anda

Mengendurkan otot-otot Anda dapat membantu meredakan mual.

Salah satu teknik yang digunakan orang untuk mencapai efek ini dikenal sebagai relaksasi otot progresif (PMR). Ini membutuhkan individu untuk menegangkan dan mengendurkan otot-otot mereka dalam urutan terus menerus sebagai cara untuk mencapai relaksasi fisik dan mental (33).

Satu ulasan baru-baru ini menemukan bahwa PMR adalah cara efektif untuk mengurangi keparahan mual akibat kemoterapi (34).

Cara lain untuk meredakan ketegangan otot adalah melalui pijatan.

Dalam satu penelitian, sekelompok pasien kemoterapi diberi 20 menit lengan bawah atau pijat kaki bagian bawah selama perawatan mereka.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi pijatan, peserta yang dipijat sekitar 24% lebih kecil kemungkinannya untuk mual sesudahnya (35).

    Ringkasan:
    Mengendurkan otot-otot Anda, baik melalui teknik pijat atau PMR, dapat membantu meredakan mual.

8. Ambil Suplemen Vitamin B6

Vitamin B6 semakin direkomendasikan sebagai pengobatan alternatif bagi ibu hamil yang lebih memilih untuk menghindari obat antimual.

Beberapa studi melaporkan bahwa suplemen vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, berhasil mengurangi mual selama kehamilan (36, 37, 38, 39).

Untuk alasan ini, beberapa ahli menyarankan mengonsumsi suplemen vitamin B6 selama kehamilan sebagai pengobatan lini pertama terhadap mual ringan (40, 41).

Vitamin B6 dosis hingga 200 mg per hari umumnya dianggap aman selama kehamilan dan menghasilkan hampir tidak ada efek samping. Oleh karena itu, terapi alternatif ini mungkin patut dicoba (41, 42).

Namun demikian, belum ada banyak studi tentang topik ini, dan beberapa melaporkan tidak ada efek (12, 43).

    Ringkasan:
    Bagi wanita hamil yang mengalami mual, vitamin B6 merupakan alternatif yang aman dan berpotensi efektif untuk obat anti-mual.

9–17. Tips Tambahan untuk Mengurangi Rasa Mual

Selain tips di atas, beberapa rekomendasi lain dapat mengurangi kemungkinan mual atau membantu meringankan gejalanya. Yang paling umum termasuk (44, 45):
Hindari makanan pedas atau berlemak: Diet blander yang terdiri dari makanan seperti pisang, nasi, saus apel, kerupuk atau kentang panggang dapat meredakan mual dan mengurangi kemungkinan sakit perut.
    Tambahkan protein untuk makanan Anda: Makanan kaya protein dapat melawan mual lebih baik daripada makanan tinggi lemak atau karbohidrat (46).
    Hindari makanan besar: Memilih makanan yang lebih kecil dan lebih sering ketika Anda merasa mual dapat membantu mengurangi gejala Anda.
    Tetap tegak setelah Anda makan: Beberapa orang lebih mungkin mengalami refluks atau menjadi mual jika mereka berbaring dalam 30 hingga 60 menit setelah makan.
    Hindari minum dengan makanan: Minum cairan apa pun dengan makanan dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat memperburuk mual pada beberapa individu.
    Tetap terhidrasi: Dehidrasi bisa memperburuk mual. Jika mual Anda disertai dengan muntah, ganti cairan yang hilang dengan cairan kaya elektrolit seperti air mineral datar, kaldu sayuran atau minuman olahraga.
    Hindari bau yang kuat: Ini dapat memperburuk mual, terutama selama kehamilan.
    Hindari suplemen zat besi: Wanita hamil dengan kadar zat besi yang normal harus menghindari mengonsumsi suplemen zat besi selama trimester pertama karena dapat memperburuk perasaan mual (47).
    Latihan: Latihan aerobik dan yoga dapat sangat membantu mengurangi mual pada beberapa individu (48, 49).

Perlu dicatat bahwa sebagian besar tips terakhir ini hanya didukung oleh bukti anekdotal. Yang mengatakan, mereka menimbulkan risiko kecil dan mungkin layak dicoba.

    Ringkasan:
    Tips di atas dapat mencegah atau meredakan mual, menurut bukti anekdotal. Sebagian besar perawatan ini belum diteliti.

Garis bawah

Mual bisa terjadi dalam banyak situasi dan sering membuat Anda merasa tidak enak.

Tips alami di atas dapat membantu mengurangi rasa mual tanpa menggunakan obat.

Yang mengatakan, jika mual Anda berlanjut, Anda pasti harus mencari saran tambahan dari praktisi kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar